►►► Mampir dulu ke blog ane gan ◄◄◄

Untuk membuat tulisan terbalik

Membuat Tulisan Terbalik

Tulisan Asli:

Tulisan Terbalik:
Powered by Finderonly ==================

Minggu, 20 Februari 2011

Manusia Dan Kebudayaan

Manusia & Kebudayaan

Nama   : Luqman Nurrohim
Kelas   : 1IA09
NPM   : 54410095

-     Hakekat Manusia
      Konsep tentang hakekat manusia :
      1)   Manusia menurut pandangan Islam
            Islam memandang bahwa manusia adalah mahluk ciptaan Allah SWT yang dilengkapi dengan berbagai potensi yang dapat dikembangkan antara lain berupa fitrah ketauhitan (Q.S:15;29) dan (Q.S Al-mu’minun:12-16). Berpijak atas kefitrahan tersebut, maka manusia adalah mahluk yang berpotensi untuk dididik (animal educable) dan mampu mengembangkan diri (homofaber). Dalam Al Qur’an manusia disebut dengan berbagai nama, seperti : Al-Basyr, Al-Insan, An-Nas, Abdallah, dan Kholifah.
            Dalam konsep Al-Basyr, manusia terdiri atas unsur materi yang menampilkan sosok fisik yang memiliki dorongan biologis misalnya dorongan makan, minum, seksual, mempertahankan diri/hidup dan lain sebagainya. Al-Insan mengacu kepada potensi yang dianugrahkan Allah kepada manusia, yaitu potensi untuk tumbuh secara fisik dan berkembang secara mental spiritual. An-Nas, bahwa manusia diciptakan Allah sebagai mahluk sosial, yaitu manusia membutuhkan dan dibutuhkan oleh individu lain. Saling berinteraksi antara manusia yang satu dengan yang lain dalam duka maupun suka. Manusia adalah kholifah di muka bumi oleh karena itu manusia dilengkapi dengan berbagai potensi antara lain bekal pengetahuan (Q.S:2;3).

      2)   Manusia menurut Pandangan Filsafat
            Pandangan Filusuf yang membahas tentang hakikat manusia.
            Menurut P. Leenhouwers, manusia mengandung makna “bebas,” manusia memiliki kebebasan berkehendak, kebebasan bercita-cita atau ideal, kebebasan dalam arti politik dan sosiologis, kebebasan sebagai realitas yang kompleks. Allah adalah penyebab tertinggi, maka kalau benar-benar bebas perbuatannya yang dipilih sendiri luput dari pengaruh kuasa Allah. Jadi kebebasan disini masih terikat oleh ketentuan-ketentuan Allah.
            Sedangkan John Wild menyatakan bahwa manusia menunjukkan hakikat rangkap yang terdiri dari segi fisik (materil) dan segi non materil yang bersifat akali. Sejalan dengan itu, Aristoles berpandangan bahwa manusia merupakan makhluk yang mempunyai dua bagian yang hakiki dan dua prinsip yang menyusunnya yatiu: raga material yang terorganisir (aspek fisik), dan hidup rasional yang menggerakkannya (aspek psikhis).
            Kemudian Hiebuhr membagi keadaan manusia menjadi dua macam yaitu:
            1) anak alam, mengalami perubahan, dipaksa, oleh kebutuhan-kebutuhan yang mutlak, didorong oleh detak hatinya, dan terbatas waktunya sesuai dengan bentuk-bentuk organismenya.
            2) manusia merupakan roh yang berada di luar alam, hidup, dirinya sendiri, akalnya, dan dunianya. Jadi manusia merupakan makhluk yang keadaan dalamnya terbagi-bagi. Pemahaman tentang manusia didasarkan atas proporsi-proporsi berikut:

a) Manusia merupakan suatu kesatuan yang diciptakan yang terdiri dari raga dan roh
b) Ditinjau dari sudut pandang Tuhan, manusia merupakan suatu mahluk yang lemah, yang tergantung yang mengenal akhir
c) Manusia menanggung dosa

      3)   Hakikat manusia menurut pandangan Jawa:
            Yasadipura I memandang bahwa hidup sebagai serangkaian peristiwa yang penuh kesengsaraan yang harus dijalankan dengan tabah dan pasrah. Lebih lanjut beliau mengemukakan bahwa hidup yang sempurna adalah hidup yang mampu mencapai manungaling kawula lan ngusti atau menyatu dengan Tuhan, menyatu dengan manusia lain, dan menyatu dengan alam seisinya.

      4)   Manusia menurut pandangan Pancasila
            Manusia adalah mahluk (sesuatu yang dijadikan) dengan sifat-sifat:
            a) Bertuhan (religious)
            b) Berprikemanusiaan
            c) Berhukum/hidup berdampingan dengan sesama
            d) Musyawarah
            e) Memiliki komitmen terhadap keadilan atas sesama

      5)   Manusia menurut pandangan Notonagoro
            Manusia adalah mahluk monodualis yaitu tunggal yang terdiri dari jiwa/raga, individual/sosial, pribadi/mahluk tuhan.

      6)   Hakekat manusia adalah mahluk ciptaan Allah yang unik dan misterius dengan potensi yang sangat kompleks yang dapat digali dan ditumbuh kembangkan

-     Kepribadian Bangsa Timur
      I. Francis L.K Hsu, sarjana Amerika keturunan Cina yang mengkombinasikan dalam dirinya keahlian di dalam ilmu antropologi, ilmu psikologi, ilmu filsafat dan kesusastraan cina klasik. Karya tulisnya Physicological Homeostatis Cina Klasik. Majalah American Antropologist, jilid 73 tahun 1971, halaman 23-24.
j. - Kepribadian bangsa timur identik dengan bangsa asia, contohnya negara indonesia.
k.  -  Kepribadian bangsa timur itu memiliki ciri-ciri
l.    - ramah terhadap sesama
m. - saling gotong royong
n.   - saling tolong- menolong
o.   - saling menghargai
p.   - lebih mementingkan kehidupan rohani, mistik
q.  - Sedangkan bangsa barat, individualis(mementingkan diri sendiri),pikiran logis, dan terbuka
r. - Contoh: kepribadian bangsa timur akan dalam hal pakaian akan tertutup dibandingkan dengan bangsa barat karena bangsa timur memiliki rasa malu yang sangat tinggi,  sedangkan bangsa barat lebih cenderung terbuka.
            
            Orang-orang timur mempunyai manner yang khas yang membedakannya dengan bangsa lain. Bangsa timur sangat terkenal dengan keramahtamahannya terhadap orang lain bahkan orang asing sekalipun. Bagaimana mereka saling memberikan salam, tersenyum atau berbasa-basi menawarkan makanan atau minuman. Bangsa timur juga sangat menjunjung tinggi nilai-nilai atau norma norma yang tumbuh di lingkungan masyarakat mereka.

            Contohnya saja nilai kesopanan. Di beberapa negara di Asia ada cara dimana kita harus menundukkan/membungkukkan badan 90 derajat pada orang yang lebih tua atau mempunyai kedudukan yang lebih tinggi secara finansial maupun pendidikannya untuk menunjukkan rasa hormat kita. Kepribadian bangsa timur juga identik dengan tutur kata yang lemah lembut dan sopan dalam bergaul maupun berpakaian. Orang-orang timur juga sangat mengedepankan kepentingan bersama daripada kepentingan yang bersifat pribadi.

            Bangsa lain juga sangat suka dengan kepribadian bangsa timur yang tidak individualis, dan saling menghargai serta tolong menolong satu sama lain tanpa pamrih. Selain itu bangsa timur sangat menjaga tali silaturahmi atau kekeluargaan antar sesama. Bangsa timur juga terkenal mempunyai pribadi sebagai bangsa pekerja keras, mereka akan berjuang untuk memenuhi kebutuhan baik kebutuhan individu mereka atau kebutuhan kelompok. Tingkat keagamaan atau religiusitas mereka juga tinggi, terlihat dari seringnya mereka melakukan ibadah. kepercayaan bangsa timur terhadap nenek moyang mereka juga masih kental hingga saat ini. bangsa timur juga terkenal sebagai bangsa yang menjunjung tinggi nilai kebudayaan bangsanya. Kebudayaan itulah yang mereka jadikan sebagai panutan mereka dalam berperilaku.





-          Bagan Sosiogram Pada Manusia
     

Penjelasan
0. Dunia luar
1. Lingkungan hubungan jauh
2. Lingkungan hubungan berguna
3. Lingkungan hubungan karib
4. Kesadaran yang dinyatakan konsep manusia berjiwa selaras
5. Kesadaran yang tak dinyatakan
6. Subsadar freud
7. Tak sadar konsep
Berikut diatas merupakan bagan psiko-sosiogram manusia menurut Prof.Dr.koentjaraningrat dalam bukunya yang berjudul kebudayaan, mentalitas, dan pembangunan.
Sampai sekarang, ilmu psikologi di Negara Barat mengembangkan konsep-konsep dan teori-teori mengenai aneka warna isi jiwa, serta metode-meetode dan alat-alat untuk menganalisis secara mendetail variasi jiwa individu.
Menurut Francis L.K.Hsu, makhluk manusia masih memerlukan suatu daerah isi jiwa tambahan untuk memuaskan suatu kebutuhan rohaniah yang bersifat fundamental dalam hidup manusia. Daerah isi jiwa tambahan terhadap lingkaran-lingkaran 7, 6, 5, dan 4 yang menggambarkan kepribadian manusia tadi adalah daerah lingkaran 3.
-    Definisi Kebudayaan
     Berikut ini definisi-definisi kebudayaan yang dikemukakan beberapa ahli:
1.   Edward B. Taylor
Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adapt istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat.
2.   M. Jacobs dan B.J. Stern
Kebudayaan mencakup keseluruhan yang meliputi bentuk teknologi sosial, ideologi, realigi, dan kesenian serta benda, yang kesemuanya merupakan warisan sosial.
3.   Koentjaraningrat
Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan relajar.
4.   Dr. K. Kupper
Kebudayaan merupakan sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu maupun kelompok.
5.   William H. Haviland
Kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat, yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat di terima oleh semua masyarakat.
6.   Ki Hajar Dewantara
Kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.
7.   Francis Merill
• Pola-pola perilaku yang dihasilkan oleh interaksi sosial
• Semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh sesorang sebagai anggota suatu masyarakat yang ditemukan melalui interaksi simbolis.
8.   Bounded et.al
Kebudayaan adalah sesuatu yang terbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu, misalnya simbol bahasa sebagai rangkaian simbol yang digunakan untuk mengalihkan keyakinan budaya diantara para anggota suatu masyarakat. Pesan-pesan tentang kebudayaan yang di harapkan dapat di temukan di dalam media, pemerintahan, intitusi agama, sistem pendidikan dan semacam itu.
9.   Mitchell (Dictionary of Soriblogy)
Kebudayaan adalah sebagian perulangan keseluruhan tindakan atau aktivitas manusia dan produk yang dihasilkan manusia yang telah memasyarakat secara sosial dan bukan sekedar dialihkan secara genetikal.
10. Robert H Lowie
Kebudayaan adalah segala sesuatu yang diperoleh individu dari masyarakat, mencakup kepercayaan, adat istiadat, norma-norma artistic, kebiasaan makan, keahlian yang di peroleh bukan dari kreatifitasnya sendiri melainkan merupakan warisan masa lampau yang di dapat melalui pendidikan formal atau informal.
11. Arkeolog R. Seokmono
Kebudayaan adalah seluruh hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan dalam penghidupan.
Kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat, yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat di terima oleh semua masyarakat.
Kesimpulan
Dari berbagai definisi di atas, dapat disimpulkan untuk mengenai kebudayaan yaitu sistem pengetahuan yang meliputi sistem ide gagasan yang terdapat di dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, realigi seni dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.
-     7 Kebudayaan Universal
      Menurut Koentjaraningrat ada tujuh unsur kebudayaan universal, yaitu:
a.   Sistem religi yang meliputi:
Ø  sistem kepercayaan
Ø  sistem nilai dan pandangan hidup
Ø  komunikasi keagamaan
Ø  upacara keagamaan
b.   Sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial yang meliputi:
Ø  kekerabatan
Ø  asosiasi dan perkumpulan
Ø  sistem kenegaraan
Ø  sistem kesatuan hidup
Ø  perkumpulan
c.   Sistem pengetahuan meliputi pengetahuan tentang:
Ø  flora dan fauna
Ø  waktu, ruang dan bilangan
Ø  tubuh manusia dan perilaku antar sesama manusia
d.   Bahasa yaitu alat untuk berkomunikasi berbentuk:
Ø  lisan
Ø  tulisan
e.   Kesenian yang meliputi:
Ø  seni patung/pahat
Ø  relief
Ø  lukis dan gambar
Ø  rias
Ø  vokal
Ø  musik
Ø  bangunan
Ø  kesusastraan
Ø  drama
f.    Sistem mata pencaharian hidup atau sistem ekonomi yang meliputi:
Ø  berburu dan mengumpulkan makanan
Ø  bercocok tanam
Ø  peternakan
Ø  perikanan
Ø  perdagangan
g.   Sistem peralatan hidup atau teknologi yang meliputi:
Ø  produksi, distribusi, transportasi
Ø  peralatan komunikasi
Ø  peralatan konsumsi dalam bentuk wadah
Ø  pakaian dan perhiasan
Ø  tempat berlindung dan perumahan
Ø  senjata

-     Wujud Kebudayaan Menurut Dimensi Wujudnya
      Menurut dimensi wujudnya,kebudayaan mempunyai tiga wujud,yaitu :
• Kompleks gagasan,konsep,dan pikiran manusia. Wujud ini disebut sistem budaya yang bersifat abstrak,berpusat pada tiap kepala manusia dan dapat dinyatakan dalam bentuk tulisan.
• Kompleks Aktivitas. Berupa aktivitas manusia yang saling berinteraksi, bersifat konkret, dapat diamati, diobservasi, dan difoto.
• Wujud Sebagai Benda Manusia yang saling berinteraksi tidak lepas dari penggunaan peralatan untuk mencapai tujuannya.

-    Opini
Jadi pada dasarnya kebudayaan timur adalah sebuah kebudayaan yang bertentangan dengan budaya barat, karena kebudayaan timur menjunjung tinggi kesopananan dan kesantunan. Seperti yang ditulis oleh I Francis L.K Hsu dalam karya tulisnya Physicological Homeostatis Cina Klasik. Majalah American Antropologist, jilid 73 tahun 1971, halaman 23-24, yang berisikan:
j. - Kepribadian bangsa timur identik dengan bangsa asia, contohnya negara indonesia.
k.  -   Kepribadian bangsa timur itu memiliki ciri-ciri :
l.    - ramah terhadap sesama
m. - saling gotong royong
n.   - saling tolong- menolong
o.   - saling menghargai
p.   - lebih mementingkan kehidupan rohani, mistik
q.   - Sedangkan bangsa barat, individualis(mementingkan diri sendiri),pikiran logis, dan terbuka
r.    - Contoh: kepribadian bangsa timur akan dalam hal pakaian akan tertutup dibandingkan dengan bangsa barat karena bangsa timur memiliki rasa malu yang sangat tinggi,  sedangkan bangsa barat lebih cenderung terbuka.
Tetapi sekarang ini budaya kekerasan sedang merajalela di Indonesia dimana kekerasan itu adalah kebudayaan barat, jangan sampai budaya kekerasan yang sedang membudaya ini terus dibiarkan menjadi sebuah budaya. Karena bisa membuat gelar bangsa Indonesia sebagai bangsa timur yang beradap akan hilang dimata bangsa lain di dunia ini. Dan jangan lupa, bahwa kekerasan bukan solusi dalam menyelesaikan masalah tetapi dia adalah sumber bencana di negeri ini. Dalam rangka menjaga kebudayaan timur kita sebagai penduduk negeri Republik Indonesia tercinta seharusnya melestarikan kebudayaan timur ditengah derasnya arus kebudayaan barat yang sekarang lagi mendunia, dengan cara mempraktekkan kebudayaan timur setiap saat dan setiap waktu didalam hidup kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar